Pencak Silat Kilat Bedors Simpar, Panjalu Kabupaten Ciamis

Tuesday, June 30, 2015

Pencak Silat merupakan seni beladiri tradisional yang berasal asli dari Nusantara, dan setiap daerah mempunyai gaya masing-masing. Pencak silat merupakan bagian dari kebudayaan bangsa Indonesia berkembang sejalan dengan sejarah masyarakat Indonesia.

Para Penonton  terhibur saat menyaksikan Gelar Budaya Pencak Silat yang menampilkan para pencak silat dari padepokan Kilat Bedors Simpar Desa Panjalu Kecamatan Panjalu Kabupaten Ciamis di Taman Borosngora Panjalu (alun alun panjalu) pada malam harinya.

Acara Gelar Budaya Pencak Silat ini merupakan  rangkaian kegiatan menyambut Upacara Adat Nyangku tahun 2015 yang dilaksanakan bulan januari silam.

Menurut pengurus Padepokan Kilat Bedors, mengatakan rasa bangganya bisa turut serta dalam kegiatan ini, mengingat kegiatan ini banyak penonton dan dapat menumbuhkan generasi yang mencintai budaya asli panjali dan mampu menjadi pelaku pelestarian budaya panjalu tersebut.

“Kami membutuhkan generasi ini agar supaya untuk mempertajam dan memperpanjang napas pelestarian budaya sunda khususnya dari kesenian panjalu, terutama pencak silat Kilat Bedors ini” ujarnya.
Karana Pencak silat memiliki empat dasar :
1.    Mental Spritual
2.    Bela diri
3.    Budaya dan seni
4.    Olahraga

Sekitar 5.000 orang berbondong-bondong untuk melihat pencak silat ini dan alun alun panjalu (taman borosngora) sangat penuh. Muali dari anak-anak hingga orang tua.

Aldi (16) warga panjalu mengatakan "saya sangat terhibur oleh penampilan para pemainnya, karena wanita bisa setangguh itu seperti lelaki" ujarnya.

Dan penampilan pencak silat dari Padepokan Kilat Bedors ini berakhir larut malam.

Share on :

No comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2017 beritamenjadisatu.com
Distributed By Putra Panjalu | Design By Dindin Zaenudin