Cuaca Panjalu Tidak Menentu

Monday, June 29, 2015

Panjalu yaitu yang terletak di ketinggian 731 m dpl yang berada di kaki Gunung Sawal (1764 m dpl) Kabupaten Ciamis Provinsi Jawa Barat.

Posisi Panjalu dikelilingi oleh bukit-bukit atau benteng alamiah yang berupa rangkaian pegunungan , dari sebelah selatan dan sebelah timur berdiri kokoh Gunung Sawal, bagian barat dibentengi oleh Gunung Cakrabuana dan di sebelah utara memanjang Gunung Bitung yaitu batas Kabupaten Ciamis dengan Majalengka.

Secara geografis Panjalu berbatasan dengan Talaga, Kuningan, dan Cirebon di sebelah utara. Di sebelah timur Panjalu berbatasan dengan Kawali, wilayah selata berbatasan dengan Ciamis, sedangkan di sebelah barat berbatasan dengan Galunggung.

Hal inilah yang membuat panjalu selalu dingin atau berkabut.
Tetapi di menjelang musim kemarau ini cuaca panjalu tidak menentu di siang hari cuacanya sangat trik / panas sekali tetapi di malam hari samapai menjelang siang hawa dingin terasa, sampai terasanya menusuk tulang.
Yang lebih dinginnya lagi di dekat atau pinggir situ lengkong panjalu karena yang anginnya lumayan besar di tambah lagi dari air situ lengkong panjalu.
Meskipun demikian panjalu ini cuacanya tidak menentu tetapi masyarakat panjalu menjalankan aktifitasnya dengan biasanya tetapi ada hal yang beda yaitu dengan berjaga-jaga diri di malam hari dengan memakai jaket.

Ade Mas Krisna (18) masyarakat panjalu mengatakan "saya ini kalau siang hari suka berpakaian dengan yang longgar-longgar tetapi di malam hari saya tidak kuat menahan hembusan angin yang dingin dan saya suka memakai jaket bahkan 2 jaket sekaligus karena saya kan suka nongkrong di malam hari" ujarnya saat berbicara pada kami saat menongkrong-nongkrong di Alun alun Panjalu (taman borosngora).

Share on :

No comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2017 beritamenjadisatu.com
Distributed By Putra Panjalu | Design By Dindin Zaenudin