Gerakan Pramuka Pangkalan MTs Muslimin Panjalu

Tuesday, June 30, 2015

Gerakan Pramuka Pangkalan MTs Muslimin Panjalu Kabupaten Ciamis
GUDEP Putra : 0709.0672
GUDEP Putri : 0709.0673
Beralamatkan di Jln. pasanggrahan No. 245 Desa/Kec Panjalu 46264

Pendidikan Kepramukaan merupakan kegiatan ekstrakurikuler yang dilaksanakan di sekolah MTs Muslimin Panjalu. Kegiatan dilaksanakan melalui Gugus Depan Gerakan Pramuka yang berpangkalan di MTs Muslimin Panjalu. Melalui pendidikan Kepramukaan ini siswa dan siswi mengikuti pembinaan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Kehidupan yang berbangsa dan bernegara berdasarkan Pancasila (Dasar Negara), pendidikan bela Negara, kepribadian dan budi pekerti luhur, berorientasi, pendidikan kewiraswastaan, kesegaran jasmani dan daya kreasi, persepsi, apresiasi dan kreasi seni.

Gerakan pramuka ini sebagai salah satu wadah kegiatan kepanduan tempat pendidikan bagi anak-anak yang dilaksanakan dengan penuh kegembiraaan, penuh pendidikan dan dilakukan di luar jam-jam sekolah.

Pramuka diharapkan dapat memberikan peranan penting dalam peningkatan kepemimpinan dan pembentukan sikap, mental peserta didik pada sikap yang baik dan terarah.
Sikap baik dalam arti berakhlaqul karimah, sopan santun, rasa cinta kasih sesama, patriotisme, suci dalam segala pikiran maupun perbuatan, bertaqwa kepada tuhannya, dan segala sikap yang menyangkut pada dirinya.

Rata-rata lembaga Pendidikan masyarakat  terutama  yang berbau madrasah sudah banyak mengembangkan unggulan dalam pendidikan Agama, namun  tidak sedikit yang melupakan unggulan Kurikuler  pengembangan pemupukan rasa Nasionalisme seperti Gerakan Pramuka yang berada di sekolah MTs Muslimin Panjalu ini.

Kurikuler yang biasa sekolah madrasah adakan  terbanyak adalah mengembangkan pendalaman pengkajian kitab –kitab seperti : Ta’lim mutallim dll.
Program Extra kurikuler MTs Muslimin Panjalu yang selalu dilaksanakan pada hari sabtu setelah pulang sekolah dikembangkan antara lain adalah Latihan Gerakan Pramuka.
Banyak sekali mampaat pada gerakan Pramuka yang bisa didapatkan oleh siswa siswi, antara lain Sarana pengembelengan mental,memupuk rasa Nasionlisme, patriotisme dan rasa persatuan dan kesatuan dll.
      Beberapa Event lomba yang telah diikuti oleh Gerakan Pramuka MTs Muslimin ini cukup banyak di antaranya lomba pada acara HUT Gerakan Pramuka yang di adakan di Kecamatan Panjalu.

Share on :

No comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2017 beritamenjadisatu.com
Distributed By Putra Panjalu | Design By Dindin Zaenudin