Papagon Panjalu

Thursday, October 22, 2015

Papagon Panjalu mempunyai arti yng sangat penting dalam kehidupan sehari-hari untuk masyarakat khususnya warga panjalu.
Papagon Panjalu ini sudah ada dari jaman dahulunya yaitu dari perkataan orng tua jaman dahulu berpesan kepada anak dan cucunya orang panjalu.

Papagon Panjalu ini berbunyi :
Mangan Karna Halal, Pake Karna Suci, Ucap Lampah Sabenere.
Bila diartikan ke dalam bahasa Indonesia artinya yaitu :
Makan Karena Halal, Menggunakan Karena Suci, Perkataan Harus Sebenarnya.

Maksud dari Papagon Panjalu tersebut yaitu :
Mangan Karna Halal : Yaitu supaya kita memakan makanan harus yang halal, maksudnya kita harus bekerja keras untuk mencari nafkah dengan cara yang diridhoi Allah swt bukan dengan cara yang dilaknat oleh Allah swt.
Pake Karna Suci : Yaitu kita harus menggunakan sesuatu harus dengan suci / bersih, maksudnya kita harus membersihkan diri kita misalnya saja kalau kita ingin membaca Al-Qur'an kita harus berwudhu terlebih dahulu / bersuci, dan baru setelah itu kita bisa menggunakan Al-Qur'an itu untuk dibaca.
Ucap Lampah Sabenere : Yaitu setiap perkataan yang kita ucapkan harus sebenarnya, maksudnya yaitu kita harus berbicara  jujur terhadap apa saja yang di bicarakan terhadapa orang tua maupun yang sebaya, dan kita tidak boleh berbohong sekecil apapun karena kejujuran itu dicintai oleh Allah swt dan kebohongan itu dilaknat oleh Allah swt.

Kesimpulan daripada itu kita sebagai Masyarakat Panjalu harus taat pada peraturan Allah dan kita harus benar-benar mengamalkan Agama Islam dengan sebaik-baiknya dalam kehidupan sehari-harinya, supaya kita hidup di dunia ini bisa diridhoi oleh Allah swt.
Share on :

No comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2017 beritamenjadisatu.com
Distributed By Putra Panjalu | Design By Dindin Zaenudin