Kemarau Panjang Di Panjalu

Monday, October 12, 2015

Kemarau Panjang di Panjalu

Pada taun 2015 ini di Desa Panjalu Kecamatan Panjalu Kabupaten Ciamis dan Sekitarnya mengalami kemarau yang panjang, meskipun ada hujan tapi hujannya hanya sebatas gerimis dan tidak lama.

Air sumur para wargapun sudah kering, dan banyak warga sekitar panjalu mendalamkan sumurnya masing-masing. Meskipun ada air dari gunung sawal hanya saja di alirkannya setiap 2 hari sekali dean itupun tidak mencangkup seluruh warga sekitar Desa Panjalu.

Tidak hanya itu saja yang di alami warga Desa Panjalu dan sekitarnya, bahkan air situ lengkong pun menyurut dengan kedalaman -+ 2 meter dari biasanya.
Meskipun Sholat Istisqo sudah di laksanakan di alun-alun panjalu / taman borosngora pada sabtu lalu sesudah idul adha tetap saja hujan belum turun dengan deras, hanya saja gerimis-gerimis pada hari seninnya.

Wargapun khawatir tidak bisa mendafatkan air bersih untuk kehidupan sehari-hari, intisifasinya dengan mendalami sumur sedalam-dalamnya supaya air bisa masuk ke sumur.

Biasanya sebagian warga setiap sorenya mandi ke situ lengkong tapi sekarang tempat pemandiannyapun sudah surut dari biasanya, terpaksa warga turun kedasaran untuk menjangkau air.
Meskipun demikian warga masih tetap bersukur karena warga yang mempunyai air bisa saling berbagi dengan yang tidak bisa mendafatkan air.

Tidak hanya itu saja para yang mempunyai balong di pinggir situ lengkong airnya surut dan ikannya pun ikut mati semuanya dan mencapai kerugian cukup besar.

Ade Mas salah satu masyarakat yang turut bersyukur atas kemarau panjangnya dan bisa mendafatkan air "saya bersyukur karena saya bisa mendafatkan air dengan lebih, karena saya tinggal berdekatan dengan situ lengkong panjalu jadi sumur saya tidak surut sepenuhnya" ujarnya.

Ia pun menuturkan lagi bahwa tidaklama lagi di daerah panjalu dan sekitarnya akan turun hujan karena di berbgai daerah di jawa barat sudah turun hujan, contohnya di bandung sudah banjir, tuturnya saat di wawancarai team kami.12/10/2015.Dz




situ lengkong panjalu
pinggir nusa

situ lengkong panjalu
balong pinggir lengkong

situ lengkong panjalu
pinggir situ lengkong

situ lengkong panjalu
situ lengkong/pariwisata
 

Share on :

No comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2017 beritamenjadisatu.com
Distributed By Putra Panjalu | Design By Dindin Zaenudin