Pemanfaatan Situ Lengkong Panjalu

Monday, October 12, 2015

Pemanfaatan Situ Lengkong Panjalu

Situ lengkong panjalu merupakan suatu sumber kehidupan masyarakat panjalu diantaranya di bidang pendafatan dari pariwisata, sumber air, dll.

Banyak  sekali masyarakat panjalu sumber mata pencahariannya dari situ lengkong panjalu, diantaranya dalam menangkap ikan untuk di jual dan juga untuk di konsumsi.
Ada juga para hobi pemancing sengaja dari luar panjalu datang untuk hanya sekedar memancing dan mengisi luang waktu. 

Selain itu banyak sirib-sirib yang berjajar di pinggir situ lengkong, fungsinya untuk menyimpan ikan yang di tangkap oleh para penangkap ikan agar supaya ikannya tidak mati terlebih dahulu dan bisa di jual  lebih mahal daripada ikan yang sudah mati.
Harga ikan hidup pun 1 kg nya sekitar Rp.20.000 - 25.000 sedangkan untuk ikan yang sudah mati hanya bersekitaran Rp.12.000-15.000.

Selain ikan yang di jual untuk di goreng ada juga penjual ikan yang di kere dan harganya sedikit lebih mahal karena prosesnya yang lama. Dan ada juga penjual yang menangkap udang untuk di jual pada wisatawan, hanya saja mencari udang susah di bandingkan dengan mencari ikan, karena udang lebih sulit di dapatkan.

Biasanya para pencari ikan kebanyakan mencari ikannya dari subuh sampai pagi, ada juga yang dari siang sampai sore. Cara menangkapnya pun berbeda-beda, ada yang pakai jaring, herap, pancingan, bubu dll.



sedang menangkap ikan
sedang menangkap ikan

situ lengkong panjalu
sedang menangkap ikan

situ lengkong panjalu
sedang menangkap ikan di pinggir nusa



situ lengkong panjalu
sirib-sirib di pinggir lengkong

situ lengkong panjalu
bapak-bapak sedang mengherap

situ lengkong panjalu
bapak-bapak mengherap

situ lengkong panjalu
mengangkat ikan




Share on :

No comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2017 beritamenjadisatu.com
Distributed By Putra Panjalu | Design By Dindin Zaenudin