Rumah Baca Cahaya Ilmu Panjalu

Thursday, July 9, 2015

AYO MEMBACA ! Cara Pintar Untuk Pintar.

Motto tersebut yang menginspirasi wanita asal Dusun Pabuaran, RT 03 RW 03 Desa Panjalu Kecamatan Panjalu Kab. Ciamis, yang bernama Rossy Nurhayati 35 tahun, untuk mencerdaskan anak anak bangsa Indonesia melalui membaca dengan mendirikan Rumah Baca Cahaya Ilmu Panjalu.

Rumah Baca Cahaya Ilmu Panjalu adalah perpustakaan di rumah pribadinya yang didirikan pada 22 September 2013 lalu  yang Beralamatkan di Dusun Pabuaran Rt. 03 RW 03 Desa Panjalu Kecamatan Panjalu Kabupaten Ciamis dan kemudian menjadi Rumah Baca yang dapat digunakan oleh umum.
langkah ini dilakukan untuk mengajak masyarakat terutama anak-anak PAUD agar terbiasa membaca.

Walaupun Rumah Baca Cahaya Ilmu Panjalu ini dikelola secara sederhana dan mandiri olehnya dan keluarganya, tetapi setiap pagi dan sore  ada sekitar 16-32 yang datang dan beraktifitas dari mulai membaca, menggambar, bercerita atau yang lainnya, bahkan, setiap bulannya selalu ada kunjungan dari PAUD atau Madrasah Diniyah yang ada di sekitar Panjalu.

Tujuannya membuka rumah baca Cahaya Ilmu tersebut untuk mengajak seluruh masyarakat agar gemar membaca dan membuka jendela dunia.

Saat ini, Rumah Baca Cahaya Ilmu Panjalu banyak dengan koleksi buku dan majalah miliknya pribadi dari hasil membeli atau ada juga yang menyumbangkan buku buku tersebut.
Namun walaupun banyak keterbatasan dan kurangnya pasilitas yang menunjang, dirinya optimis bahwa upaya ini tidak akan sia-sia bila di jalani dengan kesabaran dan ketawakalan pada Alloh swt.

“Setiap hari libur sekolah, ada sekitar kurang lebih 30-60 yang datang kesini untuk hanya sekedar membaca dan bermain ataupun juga ada yang bersilaturahmi” ujar Rossy.
Bahkan Rumah Baca Cahaya Ilmu Panjalu ini sudah menggelar perlombaan Menggambar dan melukis Situ Lengkong Panjalu beberapa bulan lalu dengan tema Alamku Inspirasiku dan pesertanyapun tidak tanggung-tanggung dengan berjumlah 1400 lebih dari panjalu maupun luar panjalu.

Rumah Baca Cahaya Ilmu Panjalu menerima sumbangan yang mau berpartisifasi pada kemajuan anak bangsa baik itu mau menyumbang Buku bacaan, alat tulis, gambar, dan perlengkapan lainnya termasuk uang juga.

Bantuan dapat disampaikan langsung atau melalui paket pos ke alamat  :  Rumah Baca Cahaya Ilmu Panjalu Alamat : Dusun Pabuaran No. 74 Rt. 03 Rw. 03 Desa Panjalu Kec. Panjalu Kab. Ciamis 46264
Atau lebih bagusnya lagi datang langsung ke perpustakaan Rumah Baca Cahaya Ilmu Panjalu sekaligus berkunjung dan melihat langsung sarana dan prasarananya.


Share on :

No comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2017 beritamenjadisatu.com
Distributed By Putra Panjalu | Design By Dindin Zaenudin