Ngabuburit Di Alun Alun Panjalu (Taman Borosngora)

Friday, July 3, 2015

Ngabuburit bagi yang beragama Islam seolah menjadi hal penting yang tidak dapat dilewatkan di Bulan Ramadhan. Berbagai agenda dan kegiatanpun digelar untuk menyambut Bulan Ramadhan serta budaya ngabuburit-nya yang tidak pernah punah.

Dalam hal ini Daerah nya masing-masing memfasilitasi tempat yaitu untuk berjualan di pasar takjil/pasar musiman bulan ramadhan.

“Banyak Pemerintahan di Daerah-daerahnya menyediakan fasilitas untuk digunakan dalam rangka ngabuburit atau kegiatan lain dalam rangka memeriahkan Bulan Ramadhan tahun ini” ujar warga sekitar yang suka ngabuburit.

“Kami tidak membatasi kepada siapapun untuk berjualan asalkan bekasnya harus bersih dan rapi lagi sesudah berjualan" ujar salah satu panitia pasar takjil.

Contohnya Di sekitaran Alun alun Panjalu (Taman Borosngora) ini, jumlah lapak didominasi oleh penjual aneka makanan/kuliner dari makanan pembuka maupun penutup. Mulai dari shop buah, tahu pedas, timbel, gorengan, cilok, onde-onde, bakso, aneka juice, kolak dan minuman segar. Ditambah dengan lapak permainan anak seperti halnya becak mini, odong-odong, kereta kecil, deldom/delman domba dan lainnya.

Jadi tidaklah heran jika pesona ngabuburit di Alun alun Panjalu (Taman Borosngora) pun menjadi tempat ngabuburit dan buruan wisata kuliner dan aneka permainan bagi keluarga maupun anak muda dan sambil menunggu adzan magrib tiba.

Tahun-tahun kemarin pedagang berada di dalam alun alun panjalu (taman borosngora) tapi tahun ini pedagang di relokasi ke jalan cimendong blok kaum depan masjid agung panjalu sampil alun alun panjalu dikarenakan di dalam taman dilarang berjualan, karena sesuai dengan undang-undang.

Sekitar kurang lebih sebanyak 50 pedagang memadati tempat tersebut.

Dan Sekitar 1000 orang pengunjung bahkan lebih perharinya ke alun alun panjalu hanya ada yang sekedar untuk menongkrong, belanja, bermain sama keluarga.

Ujang (20), warga Dusun Citengah Desa hujungtiwu, Kecamatan Panjalu, mengatakan, ngabuburit di Taman Borosngora sudah menjadi tradisi bagi saya setiap bulan ramadhan tiba. Selain bermain dengan teman, di taman itu pun bisa sekaligus membeli takjil untuk berbuka puasa. Karena, di taman itu, terdapat Bazar Ramadhan yang menjual aneka makanan untuk berbuka puasa dan sekaligus untuk di bawa kerumah.

“Selama bulan ramadhan, saya hampir setiap hari datang ke sini,” ujarnya.

Share on :

No comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2017 beritamenjadisatu.com
Distributed By Putra Panjalu | Design By Dindin Zaenudin