Situ Lengkong Panjalu Kab. Ciamis

Monday, May 18, 2015

SITU LENGKONG PANJALU
(NUSA)

Situ Lengkong Panjalu yaitu sebuah danau kecil seluas 57,95 hektar dengan pulau di tengahnya seluas 9,25 hektar, bernama Nusa Gede.
situ lengkong panjalu

Di Pulau Nusa Gede terdapat hutan lindung beserta peninggalan purbakala dan tumbuhan beserta hewan langka.
situ lengkong panjaluKonon, Nusa Gede awalnya adalah pusat pemerintahan Kerajaan Panjalu yang masyur dan terkenal, juga berfungsi sebagai benteng pertahanan. Di dalamnya juga terdapat makam penyebar agama Islam. 

Didalam Nusa ini terdapat kurang lebih 307 pohon yang terdiri dari 30 jenis pohon dan berbagai jenis hewan langka.
Menurut cerita tentang sejarah Panjalu, Situ Lengkong ini merupakan hasil buatan para leluhur Panjalu terdahulu, yang hidup di jaman Kerajaan beragama Hindu. 

situ lengkong panjaluKonon pada awal abad ke-7, seorang raja Panjalu menginginkan putra mahkotanya memiliki ilmu yang paling ampuh dan paling sempurna. Maka berangkatlah sang putra mahkota yang bernama Borosngora menuju ke suatu tempat dan berakhir di tanah suci Mekah.
Di sanalah tujuannya tercapai, yaitu mempelajari dan memperdalam Agama Islam dan membaca dua kalimah Syahadat.

Setelah tinggal cukup lama di Mekah maka pulanglah ke tanah Panjalu sang putra mahkota dengan dibekali air Zamzam asli dari Mekah oleh Gurunya, pakaian kesultanan, serta perlengkapan pedang dan cis. Di Panjalu, tugas utamanya adalah menjadi raja Islam dan sekaligus mengislamkan rakyatnya yang berada di Panjalau, Sekaligus Orang Islam Pertama di Tanah Panjalu ini.
situ lengkong panjaluBeliau kemudian menjadi Raja Panjalu dengan beragama Islam menggantikan ayahnya dengan Gelar Sang Hyang Borosngora. 

situ lengkong panjaluMulai saat itulah kerajan Panjalu berubah dari kerajaan Hindu menjadi kerajaan Islam. Konon, air zamzam dari Mekah ditumpahkan ke lembah bernama Lembah Pasir Jambu. Kemudian Lembah itu bertambah banyak airnya dari air hujan dan yang lainnya dan terjadilah danau yang kini disebut Situ Lengkong Panjalu.
Arah Tujuan : Dari barat, terutama dari Bandung,  berjarak sekitar 100 km, melalui Ciawi terus ke Panumbangan dan sampai di Panjalu.

Sedangkan dari timur, yaitu Ciamis, berjarak sekitar 30 km melalui Buniseuri, Kawali dan sampai Panjalu.
situ lengkong panjalu

Fasilitas yang ada : tempat parkir, sarana perbelanjaan cinderamata, sarana kuliner, sarana menginap, sarana betsantai, sarana rekreasi, sarana ziarah, sarana perahu menuju situ lengkong , MCK dan sekarang sedang di buat (proses pembuatan) mesjid yang cukup besar yaitu Masjid Raya Panjalu dan Masjid Agung Panjalu.


Share on :

No comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2017 beritamenjadisatu.com
Distributed By Putra Panjalu | Design By Dindin Zaenudin