Ide Dan Gagasan Untuk Berwirausaha

Monday, November 30, 2015

mikir

Semua jenis usaha yang ada di masyarakat atau yang kita lakukan pastilah awalnya berdasarkan ide dan gagasan ataupun saran dari orang di sekitar kita, baik ide dari pemikiran kita sendiri sebagai pelopor ataupun bisa ide dari lingkungan sekitar bahkan berdasarkan informasi tekhnologi yang serba canggih di jaman modrn ini semua informasi dapat dilihat melalui media online.
Berikut golongan-golongan yang merupakan Ide dan gagasan yang terdpat dalam masyarakat diantaranya : 

1. Lingkungan
Lingkungan sangat berpengaruh untuk memotivasi untuk berwirausaha, dikarenakan lingkungan menjadi sumber untuk berwirausaha, baik melihat di dalam keramayan orang maupun melihat kebutuhan yang di perlukan masyarakat sehari-harinya. 

 a.  Sumber Daya Alam (SDA)
Dengan Sumber Daya Alam seringkali usaha kita terinsfirasi oleh alam di sekeliling kita, begitu banyak bahan baku yang bisa diproduksi dan diolah menjadi sesuatu yang berharga dan memiliki nilai jual tinggi atau menjadi sumber pendapatan. Banyak sekali hal tersebut yang terdapat di sekitar lingkungan lingkungan kita diantaranya : Aneka jenis tumbuh-tumbuhan dengan berbagai jenis dan motif akar yang bertbeda-beda dan menghasilkan manfaat masing-masingnya, pohon dengan sejuta pohon, daun yang rindang, buah-buahan yang lebat, umbi-umbian yang ditanam dengan subur, rumput yang berkeliaran dan bahkan tanah yang kita pijak dengan struktur tanah dan unsur hara yang berbeda bisa menjadi inpirasi dan mampu didajikan produk yang berdaya saing tinggi dan mempunyai keistimewaan tersendiri.
b. Sumber Daya Manusia 
  • Kondisi internal 
Kondisi perekonomi didalam keluaga bisa menjadi salah satu ide usaha dan mampu memberikan inspirasi kepada kita untuk memilih jenis usaha yang akan tekuni dan mencari pekerjaan yang pendapatannya yang cukup untuk memenuhu kebutuhan sehari-hari bahkan lebih. Misalnya saja jenis usaha keturunan keluarga yang sudah turun-temurun mulai dari nenek sampai anak, saudara, teman terdekat, memang  usaha yang ditekuninya sukses, berkembang baik dan berjaya di pasarannya contoh saja dalam bidang perdagangan makanan, minuman, kerajinan tangan, salon, konveksi, fashion maupun sejenisnya. 
  • Kondisi eksternal 
Masyarakat di Indonesia ini banyak sekali yang belum memiliki pekerjaan atau dengan kata lainnya menganggur dan tingkat kesejahteraannyapun masih rendah di atas rata-rata warga masyarakat Negara Indonesia, baik dewasa atau remaja yang kebanyakaannya setelah luluh dari sekolahan masing-masing. Sehingga biasanya para pemuda yang berpikir ke depan mampu memberikan ide terhadap dirinya sendiri bahkan untuk orang lain untuk membuka lapangan pekerjaan dengan cara berjoin antara 1 dengan yang lainnya. Dan jens usaha yang dilakoni berdasarkan daya serap kemampuan yang di miliki oleh masing-masing orang.

 2. Kebutuhan Pasar 
Masyarakat Negara Indonesia adalah kebanyakannya bersifat konsumtif dan dengan tekhnologi yang semakin modern dari waktu kewaktu begitu cepat membuka pasar lebar- lebar, diantaranya dengan berjualan Online di media soosial bahkan memiliki website tersendiri itu sangat epektif untuk menghemat waktu dan tenaga begitupula dengan biyaya. Untuk kita para pelaku usaha baik olahan pangan, kerajinan, konveksi atau fashion juga jasa salon ataupun kecantikan  untuk lebih mencari keuntungan besar dan mengefektipkan waktu kita harus bisa menyikapi pasar dan kebutuhan masyarakat, tentu saja kita harus dengan memperhatikan tekhnik dan etika produk agar sesuai dengan keinginan konsumen dan konsumenpun merasa puas dengan apa yang kita dagangkan.

Share on :

No comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2017 beritamenjadisatu.com
Distributed By Putra Panjalu | Design By Dindin Zaenudin