Silsilah Curug Tujuh Panjalu Kab. Ciamis

Saturday, November 14, 2015

Silsilah Curug Tujuh Panjalu
Terbentuknya curug tujuh Panjalu atau yang biasa akrab di panggil Curug Tujuh Cibolang Oleh Masyarakat sekitar menurut cerita orang tua zaman dulu bahwa di wilayah Curug Tujuh Panjalu yang lebih tepat di cibolang Desa Sandingtaman Kec. Panjalu Kab. Ciamis ini ada penguasa wilayah tersebut atau yang pada zaman dahulu disebut Raja, yang pada saat itu merasa sangat prihatin dan merasa iba pada masyarakatnya dan melihat keadaan diwilayahnya kekeringan akibat kemarau panjang dan mengakibatkan air tidak ada dan tanah kering sehingga rakyatnya dilanda malang yang berkepanjangan.
curug tujuh panjalu
Jalan menuju Air Terjun Curug

Sang raja tersebut kemudian bertapa atau bersemedi untuk memohon agar supaya diturunkan hujan supaya wilayah tersebut mendapatkaan air dan tidak kekeringan. Namun usahanya itu hanyalah sia-sia hari kehari tapi hujan tak kunjung turun, hal tersebut membuat sang raja sedih sekaligus bingung dan kesedihannya itu membuat raja menangis dan disanalah peristiwa curug tujuh menjadi ada air dengan kekuasaan Allah swt. Air mata raja tersebut yang menetes ke tanah perlahan demi perlahan berubah menjadi genangan air jernih dan semakin membesar sehingga air matanya tersebut membentuk aliran air yang deras yang akhirnya terpecah dan jatuh di tujuh buah tebing yang ada di Cibolang Desa Sandingtaman Kec. Panjalu Kab. Ciamis.
Kini tempat tersebut menjadi salah satu Objek Wisata yang ada di Panjalu sekialigus Objek Wisata yang ada di Kab. Ciamis.
Share on :

No comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2017 beritamenjadisatu.com
Distributed By Putra Panjalu | Design By Dindin Zaenudin