Kesenian Celempung Rengkenek Padukuhan Kab. Ciamis

Friday, November 20, 2015

Celempung Rengkenek Padukuhan

Celempung Rengkenek Padukuhan merupakan salah satu kesenian buhun yang terdapat di Pajalu lebih tepatnya di Dusun Dukuh Desa Panjalu Kec. Panjalu Kab. Ciamis.

Celempung Rengkenek Padukuhan
Kesenian ini merupakan kesenian zaman dahulu yang ada di panjalu dan saat ini kesenian tersebut di bangkitkan lagi atau di kembangkan oleh para pemuda dari Dusun Dukuh Desa Panjalu ini dikarenakan para pemuda yang mencintai seni dan tidak mau kesenian tradisional tersebut punah dengan kemajuan jaman ini.

Kesenian ini dimainkan oleh anak-anak kebanyakannya dan dibantu oleh para pemuda, event yang telah diikutipun cukup banyak dan membawa harum nama Panjalu.

Kesenian ini tak lepas dari dorongan dan dukungan Masyarakat Panjalu khususnya Dusun Dukuh karena kesenian tersebut adalah salah satu kesenian Nusantara yang telah lama hilang di telan zaman, oleh karenanya kesenian tersebut diperkenalkan kembali ke masyarakat luas dan menjadikan agar supaya para pemuda dan pemudi cinta terhadap kesenian tradisional.
Celempung Rengkenek ini alat musik yang di gunakan terbuat dari bambu kebanyakannya dan dipadukan dengan alat musik modrn supaya agar hasil suara yang di hasilkan menjadi berirama yang indah dan merdu di dengar oleh para pendengar.
Celempung Rengkenek Padukuhan

Celempung Rengkenek Padukuhan ini dinamai dengan Padukuhan karena apa? karena nama Padukuhan mempunyai arti tersendiri yaitu "Pamuda Dukuh" kalau diartikn secara luas berarti nama Padukuhan ini adalah Para Pemuda warga masyarakat Dusun Dukuh yang Cinta pada kesenian tradisional.
Celempung Rengkenek Padukuhan

Celempung Rengkenek Padukuhan

Celempung Rengkenek Padukuhan


Share on :

No comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2017 beritamenjadisatu.com
Distributed By Putra Panjalu | Design By Dindin Zaenudin