Objek Wisata Curug Tujuh Panjalu Kab. Ciamis

Saturday, November 14, 2015




curug tujuh panjalu
Panorama alam yang disuguhkan sangat indah dan suasana hutan alam yang asri dengan kealamiannya sehingga kini menjadi daya tarik wana wisata Curug Tujuh Panjalu, dimana objek wisata ini terletak di kiri kanan bukit gunung Ciparang dan Cibolang yang merupakan bagian dari Gunung Sawal.
Luas Wana Wisata Curug Tujuh Panjalu ini kurang lebih sekitar 20 Ha terletak di kawasan hutan RPH Panjalu BKPH Ciamis KPH Ciamis yang menurut administrasi pemerintah termasuk Desa Sandingtaman Kec. Panjalu Kab. Ciamis.
curug tujuh panjalu
salah satu Curug yang terdapat di Curug Tujuh Panjalu

Objek wisata Curug Tujuh Panjalu terletak di ketinggian sekitar kurang lebih 800-900 di atas permukaan laut dengan struktur lapangan bergunung, suhu udara secara umum sekitar 17-18 derajat Celcius.
Curug yang terdapat di Desa andingtaman ini sesuai namanya Curug Tujuh terdiri dari tujuh buah air terjun yang lokasinya berjejer dengan Curug Satu, Curug Dua, Curug Tiga, Curug Cibolang, Curug Simantaja, Curug Cileutik, dan Curug Cibuluh dan disanah juga terdapat makam keramat yang kadang kala di ziarahi oleh sebagian masyarakat setempat maupun dari luar. Konon katanya diantara curug tujuh tersebut mengalirkan air yang berkhasiat dipercaya oleh masyarakat bahwa air tersebut bias menyembuhkan penyakit seperti penyakit kulit, encok, rematik dan pegal linu. Dan airnya tidak pernah surut sekalipun musim kemarau, air yang mengalir ini berasal dari gunung Sawal.
curug tujuh panjalu
Arah jalan menuju curug

Objek wisata Curug Panjalu ini terletak di Dusun Cibolang Desa Sandingtaman Kec. Panjalu Kab. Ciamis. Untuk mencapai objek wisata ini dapat menggunakan mobil atau motor seterusnya berjalan kurang lebih 1 KM atau bias juga menggunakan “sepeda gunung”. Bagi anda yang ingin mengetahui jalannya atau anda bias menaiki kendaraan umum, Anda bisa naik dari terminal Ciamis jurusan Kawali Panjalu (Elf), atau langsung dari Bandung melalui jurusan Panjalu Ciamis (BP).
Tranportasi menuju Wana Wisata Curug Tujuh Panjalu ini cukup mudah untuk dijangkau dari beberapa lokasi diantaranya:
1. Dari lokasi Kec. Panjalu dengan jarak 5 km
2. Dari lokasi Kec. Kawali dengan jarak 12 km
3. Dari lokasi Kab. Ciamis dengan jarak 31 km
4. Dari lokasi Kab. Tasikmalaya dengan jarak 50 km
5. Dari lokasi Kab. Bandung dengan jarak 112 km
 Objek Wisata ini banyak pengunjuung pada hari libur kerja seperti hari sabtu dan minggu, mulai dari anak-anak sampai orang tua senang datang kesinih sekaligus ber refresing bersama keluarga tercinta.
curug tujuh panjalu
Parkir motor dan mobil

curug tujuh panjalu

Share on :

No comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2017 beritamenjadisatu.com
Distributed By Putra Panjalu | Design By Dindin Zaenudin