Motiv Wirausaha Yang Ada Di Masyarakat

Monday, November 30, 2015


wirausaha

Wirausaha ataupun berwirausaha yang kita lakukan pada awal usaha biasanya berdasarkan sesuatu yang tersirat ataupun tersurat, baik yang tidakn disadari pada intinya, secara langsung maupun tidak langsung dengan perasaan yang senang ataupun tidak.
Beberapa motiv tersebut diantaranya terbagi dalam beberapa golongan diantaranya yaitu : 
  1. Hobby
  2. Ekplorasi atau percobaan
  3. Mengisi waktu luang
  4. Kebutuhan
A. Hobby
Dengan Hobby biasanya usaha yang dilakukan berdasarkan hobby dan mempunyai kesenangan tersendiri, banyak contoh-contoh yang bekerja berdasarkan hobbynya masing-masing salah satu diantaranya yaitu salon kecantikan yang bisa di buka di rumah kita sendiri dan bisa juga mencari tempat rama.
Awal mulanya hanya sekedar dari senang merias atau bermake-up diri sendiri lama kelamaan akan rasa ingin mencoba merias orang lain dan akhirnya mengumpulkan modal untuk membuka rias kecantikan, dan akan merasa bangga dengan hasil riasannya tersebut apabila konsumen terasa puas dengan pelayanan yang kita berikan.

B. Ekplorasi/ Percoba
Pekerjaan dengan Hasil Percobaan jenis usaha ini biasanya bermula dari coba-coba dn ingin tahu ataupun yang sudah ada tapi kita mengembangkan dengan cara bereksperimen dan hasilnya bagus, biasanya pekerjaan ini kebanyakan yaitu pada produk olahan makanan ataupun minuman yang sehari-hari kita temui dan pada akhirnya kita bisa menghasilkan aneka jenis, baik rasa, penyajian peggemasan sekaligus tujuan perdagangan.

C.  Mengisi waktu luang
Sering kita jumpai produk kerajinan tangan dari bahan yang tidak berguna yang terdapat di totko-totko supenir, toko-toko pariwisata dan di toko-toko lainnya, tidak sedikit produk ini yang bisa di ekspo mancanegara seperti halnya terbuat dari bahan bambu, kayu dn sejenisnya yang kebanyakan di olah di Negara Indonesia ini, kebanyakannya dari produsen kerajinan bermula dari iseng-iseng saja dan ingin menciptkan hal baru karena untuk mengisi luang waktu mereka kebanyakan Ibu Rumah Tangga dan Pemuda yang bekerja di bidang tersebut ataupun bisa juga mahasiswa, karena untuk mencari tambahan penghasilan sehari-harinya.

D. Kebutuhan 
Pekerja yang bekerja di bidang kebutuhan otomatis kebutuhan Uang karena untuk mencari sesuap nasi dan memenuhu keperluan sehari-hari di rumahnya masing-masing,karena tuntutan kehidupan dan memang mata pencaharian bukan usaha sampingan, sehingga uasaha orang tersebut dipersiap dengan sekian matangnya denga hitungan yang jelas dan teliti, sehingga penghasilan rugi laba terlihat nyata dan jelas. Biasanya usaha ini sejenis perdagangan, baik bahan baku pokok, material, bahan makanan, bahan jadi dan banyak lainnya.



Share on :

No comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2017 beritamenjadisatu.com
Distributed By Putra Panjalu | Design By Dindin Zaenudin